Thursday

Notebook untuk Semua Umat di Dunia Cloud



Chromebook diposisikan GoogLe sebagai notebook yang dapat memenuhi segala aktivitas Anda yang seringkali bekerja dan terhubung ke Internet.

Google dan Samsung kembali berkolaborasi. Kali ini pnodukyang digodok bukanlah smartphone, tetapi Laptop dengan sistem operasi Google Chrome OS yang Lebih dikenal dengan sebutan Chrorriebook. Berbeda dengan sistem operasi GoogLe Android, yang sukses di dunia smartphone, kehadiran Chrome OS di Laptop belumLah sesukses saudaranya.

Konsumen laptop (Windows, Mac OS] tampaknya masih harus diyakinkan Google agar mau beralih ke laptop/notebook dengan Chrome OS untuk mengerjakan berbagai aktivitas tertentu di Internet. Notebook dengan sistem operasi Linux minimaLis berbalutkan interface web browser Chrome ini dijanjikan GoogLe akan memberikan pengalaman ber-lnternet yang lebih memuaskan dibandingkan Laptop pada umumnya.

Agar lebih fresh dan menarik, Samsung Chromebook XE303C12 terbaru ini tidak lagi diperkuat dengan prosesor Intel x86 (Atom atau Celeron), tetapi menggunakan SoC dual core ARM terbaru Samsung, yakni Exynos 5250. Exynos 5 yang akan digunakan Samsung di notebook atau tablet Windows 8 adalah penerus Exynos4.yang sudah banyak digunakan di smartphone. Exynos 525G memadukan CPU dual core ARM Cortex A15 dan GPU core ARM MaLi T604, serta dukungan pada standar stereoscopic 3D, OpenGL ES 3.0, OpenCL 1.1, API DirectX 11. Menurut ARM, GPU Mali T604 menawarkan performa 5x Lebih cepat daripada GPU MaLi terdahulu.

Samsung Chromebook dengan layar 11,6 inci (LED-backlit 1366 x 768 pixel) ini juga Lebih tipis dan ringan (1,1 kg dan 0,8 inci) dari seri terdahulu. Adapun kelengkapan lainnya adalah internal VGA webcam, RAM 2 GB, SSD 16 GB, Wi-Fi 802.11 a/b/ g/n, Bluetooth 3.0, port USB 2.0 dan 3.0, port HDMI, and port audio (in dan out). Model Chromebook dengan dukungan 3G akan menyusuL kemudian.

Daya tarik terbesar dari Samsung Chromebook yang baterainya diklaim bisa bertahan hingga 6,3 jam ini adalah harganya yang murah. Chromebook akan dijual seharga US$250 untuk model Wi-Fi dan US$330 untuk model 3G (pre-orderdi Best Buy, Amazon, Newegg). Harganya yang murah mungkin berkaitan dengan bakal hadirnya hybrid notebook tablet Surface RT Microsoft yang dijual mulai dari harga US$ 499.

INFO: www.samsung.com