Friday

Keyboard Mekanik Tidak Selamanya Berisik



Keyboard mekanik belakangan ini mulai marak ditawarkan produsen untuk menunjang aktivitas pengguna PC yang interaksi sehari-harinya dengan periferal PC tersebut relatif tinggi. Sebut saja para penulis naskah, reporter, programmer, gamer, dan profesi lainnya.

Meskipun relatif masih mahal harganya, keyboard mekanik menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan keyboard non mekanik (keyboard dengan membran switch atau scissor switch) yang umum digunakan. Misalnya pengetikan yang lebih cepat (tombol lebih responsif] dan akurat, tombol lebih tahan lama (50 juta vs 10 juta keystroke], dan suara "klik"-nya yang terdengar jelas sehingga memberi kepastian penekanan tombol bagi pengguna.

Keunggulan pada poin ketiga mungkin bersifat relatif karena bisa berbeda bagi setiap pengguna. Sebagian penguna mungkin sedikit terganggu dengan suara "klik" dari tombol yang ditekan pada keyboard mekanik.

Sebagian pengguna lagi mungkin malah menyukai bunyi tersebut karena feel yang didapatnya saat menekan tombol. Penguna tentu akan kesulitan menentukan pilihan jika ia menginginkan keyboard yang responsif dan awet seperti keyboard mekanik tetapi tidak berisik saat diketik seperti keyboard non-mekanik.

Adanya kebutuhan keyboard mekanik yang tidak berisik inilah yang coba dipenuhi produsen asal Kanada, Matias, dengan keyboard mekaniknya Quiet Pro. Menurut Matias, Quiet Pro menawarkan semua keunggulan keyboard mekanik tetapi tidak berisik saat digunakan (diketik) sehingga tidak mengganggu pengguna PC lainnya di ruang kerja atau kantor.

Matias yang mulai merancang keyswitch senyap ini pada dua tahun yang lalu juga menawarkan teknologi mereka pada produsen keyboard yang berminat menggunakannya. Keyboard Quiet Pro (US$150] yang tersedia dalam dua model ini (PC dan Mac) juga memiliki tombol yang masing-masing simbolnya ditulis dengan teknologi laser sehingga tidak mudah terhapus. Di samping itu, keyboard ini juga menyediakan tiga port USB 2.0 pada bagian sisinya.

INFO: http://matias.ca